Perjuangan Masuk PTN

Hai hai man-ceman bertemu lagi dengan saya Putri Fauziyyah kali ini saya akan memposting pengalaman saya ketika masuk ke PTN, agak telat ya padahal sekarang udah ngelewatin UTS  semester 1 di masa kuliah hihi.
Ketika kecil ketika kita ditanya “cita-citanya apa?” kita yang masih polos dan gatau apa-apa pasti jawab Guru, Dokter,Polisi dan lain-lain, yang emang cita-citanya itu keren-keren. Tapi jujur aja waktu kecil saya selalu bingung dan sampai sekarang pun selalu bingung kalau ditanya apa cita-cita saya, selama ini saya cuman jalanin hidup ini bagaikan air mengalir.
Cerita hidup dimulai saat SMA,saya adalah seorang anak jurusan MIPA di SMA, ketika saya masuk ke SMA kurikulum diubah menjadi Kurikulum 2013 jujur aja ni yah jadi angkatan pertama kurikulum 2013 itu ada bangganya ada mirisnya, bangganya sih  karena kita diberikan pelajaran yang lebih maksimal dan lebih lama tentunya,  jadi kita bakalan lebih ngerti terhadap pelajaran yang diberikan guru, contohnya aja ni yah Matematika wajib aja sekali ketemu 4 jam nah kalo ditambah matematika peminatan 4 jam kan mantep tuh kalo pelajaran dua itu  ketemu dalam sehari, jadi 8 jam sehari buat matematika. Apalagi kalo sehari Fisika sama Kimia ketemu ngebul lah kepalaku hahahaha. Mirisnya nih ya kan waktu kelas 1 SMA kakak kelas masih kurikulum sebelumnya, kalo pulang di hari sabtu suka ngiri karena kakak kelas pulang duluan dan kita pulang lebih sore, syedih L . Menurut saya sih angkatan 98 , iya angkatan yang lahir 1998 itu banyak cobaan nya pertama kita lahir saat krisis moneter, kedua jadi angkatan yang dapet 20 paket di ujian nasional SMP, ketiga penjurusan langsung di SMA, keempat kita ganti kurikulum, kelima tambahin aja deh :’) , tapi dari situ kita harus bersyukur bahwa kita dilatih lebih awal bahwa hidup ini memang keras. Skip
Pas kelas 3 SMA ini adalah masa-masa membingungkan sekaleeeehhhhhhhh di kelas 3 ini saya masih belum tau apa yang saya inginkan di masa depan , nah karena saya bingung mau jadi apa saya kelamaan mikir akhirnya saya pun mencoba daftar ke ikatan dinas STIS (sekolah tinggi ilmu Statistik), saya liat di internet kayanya enak banget sekolah gratis pake seragam gak usah mikirin baju, juga dikasih jatah perbulan, lalu saya pun berjuang untuk masuk ke STIS dengan mendownload soal-soal STIS yang tahun lalu, dan pembahasan soal yang ada di  youtube saya download hampir semua. Daftar ke ikatan dinas ini membuat saya menyia-nyiakan SNMPTN.Saya memilih PTN yang sangat sulit untuk diraih, padahal ada banyak peluang yang lebih besar jika saya memilih PTN lain nya, banyak pertimbangan-pertimbangan yang saya fikirkan dengan orang tua misalnya saja jika saya masuk ke PTN ini kalo masuk gimana nih kalo saya gak mau ngambil pada akhirnya gimana nih pasti bakalan ngaruh ke adik kelas nantinya, saya gamau pilih PTN ini lantaran jurusannya aneh-aneh, saya gamau ke PTN ini lantaran ini itu ini itu waw dan akhirnya saya memilih PTN yang orang cerdas pun belum tentu masuk, HAHAHAHA. Gatau gimana pikiran saya ketika itu pokonya bingung dah, SNMPTN pun berlalu dengan hasil yang tentunya sudah bisa kalian tebak ............ “GAGAL” , ketika itu hati gak sedih ataupun miris karena emang dari awal gak niat, nahh setelah udah tau hasilnya nih saya pun mendaftar SBMPTN karena jika saya hanya mengandalkan STIS kayanya terlalu rawan wkwkwkwk.
Nah saya cerita dulu nih pengalaman mengikuti test STIS tahap 1 ya, karena terasa sekali oleh saya ketika itu orang-orang yang menulis pengalamannya di blog sangat membantu, ya minimal membantu ada gambarannya gimana sih test nya. Pertama ketika mendaftar ke STIS kita harus mengeluarkan biaya untuk pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 , menurut saya sih itu mahal hihihi tapi namanya juga usaha ya, udah bayar mahal-mahal tentunya kita gak mau menyia-nyiakan kesempatan ya kan ? saya cari tuh gimana soal test nya dan ternyata waw banget hahaha, saya download juga tuh soal dan pembahasannya di Youtube lantaran ada yang ngejelasinnya hihi masih inget sama Mr Bimbim, hai Mr Bimbim kalo baca Blog ini Comment yah, saya cuman tau suaranya yang sekarang udah bikin saya trauma dengerin Mr Bimbim ngejelasin wkwkwk becanda deng. Nah yang taun depan mau ikutan test STIS saya rekomendasikan buat download soal dan pembahasannya di youtube namanya sih kalo gak salah BIUS online Bimbel STIS. Eh tapi jujur aja soal-soalnya pada beda L jadi intinya sih kalo mau ikutan test harus paham materi, oh iya Matpel yang di ujikan di tahap 1 STIS adalah matematika dan Bahasa Inggris kalo gak salah cuman dua tadinya ada pengetahuan umum tapi tahun 2016 matpel itu jadi gak ada. Test matematika nya itu loh mantep banget menurut saya, itu 2 kali lebih sulit dari SBMPTN wkwkwk. Terus Bahasa inggrisnya itu banyaknya Grammar Jadi kalian jangan main-main kalo mau masuk STIS, kalian harus belajar  yang matang jangan kaya saya yang gak terlalu serius L. Udah test nya susah saingannya banyak wkwkwk banyak banget yang ikutan waktu itu, karena saya orang Sumedang saya ikut test di Bandung tepatnya di SD Muhammadiyah 7 kalo gak salah dan pesertanya ada 1000+ itu di bandung doang sedangkan ini diadakan di 33 provinsi eh gatau 34 provinsi deh. Masih inget ketika itu saya PP (pulang pergi)  dianter Papah, seminggu sebelum test saya dan papah mengecek lokasi terlebih dahulu tentunya agar ga nyasar :”) oh iya yang bikin saya sedih banget itu hari dimana diadakannya test STIS itu berbarengan dengan acara Perpisahan Sekolah p :’) tapi saya memilih untuk memilih mengikuti test STIS :’) sakit sekaleh............. T.T . ketika hari dimana test diadakan pagi-pagi sekali saya sudah harus bangun dan jam 5 sudah cawww pergi ke Bandung tentunya dengan papah tercinta yang selalu menemani, naik motor udah itu di cadas pangerannya takut banyak treuk L , saya tiba di lokasi jam enam lebih , bentar ya ?, karena hari itu hari libur jadi gak macet oleh siswa-siswi maupun karyawan-karyawati. Tapi sebelum saya test saya mules dijalan jadi saya mampir ke SPBU dan menyelesaikan urusan saya :’), hahah gapentingeut ya... jam 06.15 saya sudah sampai di lokasi dan ternyata sudah banyak siswa-siswi lainnya yang akan mengikuti test, mereka pada dianter keluarga nya juga hihi. Saya pun masuk gerbang dianter papah yang baik hati :’) , dah weh saya masuk kelas sendiri. Ketika itu test dimulai jam 7.30 gatau 08.00 ya lupa :’) saya diawasi oleh 2 orang yaitu seorang ibu dan seorang bapak, bapaknya mengatakan bahwa dia lulusan STIS juga :’), ketika sudah diberi aba-aba dan aturan-aturan kami pun dipersilahkan mengisi jawaban. Dan ketika saya membuka soal jujur saja soalnya susah begete, cuman bisa berapa biji L saya ngerasa kok saya bodoh banget gitu. Bahasa inggris juga susah ih membingungkan soalnya :”)  jangan contoh saya yang kurang pengetahuan ini ya :’). Kalian yang akan mengkuti test belajar yang bener gak bisa ngasal loh lantaran kalo salah -1 kalo bener nilainya 4 kalo gak diisi nilainya 0. Akhirnya saya keluar dengan rasa lapar yang membara :’)  meskipun saya gak terlalu banyak ngisi tapi saya harus tetep percaya diri :’) ,
                Nah sembari menunggu hasil STIS saya pun belajar untuk persiapan SBMPTN, jujur saja saya udah gak percaya diri sama SBMPTN because soalnya itu susah-susah, apalagi Kimia dan Fisika nya yang mancap, tapi saya terus ikhtiar kok emang waktunya udah kepepet ya, jadinya gak terlalu serius. Miris  kalo diinget-inget L. Nah seminggu sebelum test SBMPTN itu berbarengan dengan pengumuman STIS, tapi hari itu saya mengecek dulu lokasi bersama papah ke Bandung lagi tepatnya sekarang itu di SMP 27 yang di deket kawasan TNI kaya gitu deh kalo gak salah nama jalannya yudawastu pramuka, kesasar-kesasar juga ih sedih L , tapi alhamdulillah ketemu juga akhirnya, udah ketemu mah balik lagi deh ke rumah wkwkwkwk. Eh jangan ketawa dulu pas sampe ke rumah penasaran tuh hasil test STIS, pirasatku mengatakan bahwa saya gak lolos dan benar saja saya pun gagal, ketika itu saya nangis L inget perjuangan yang ngerelain acara  perpisahan gak dateng,  subuh-subuh tuh saya dateng tapi hasilnya nihil L ,ngecewain orang tua itu adalah hal UTAMA yang bikin saya nangis, orang tua udah berharap tapi kita mengecewakan mereka L.  Tapi mereka selalu mendukung meskipun saya gagal.
                Sekarang pindah ke perjuangan SBMPTN, seperti biasanya pagi-pagi sekali saya siap-siap untuk pergi ke Bandung dan Papah kembali menemani karena setiap test itu seringnya hari Sabtu jadi alhamdulillah papah libur kerja, saya caw dari sumedang jam 5 kalo gak salah dan sampai jam 7.30 kurang kalo gak salah karena hari itu macet sekaleh, udah deg-degan takut telat tapi syukur gak sampe telat. Nah udah tuh nyampe di SMP 27 Bandung saya ke kamar kecil dulu ketika itu agar plong mengerjakan soalnya wkwkwkkw, setelah itu saya pergi mencari kelas ditemani papah unchh, yang bikin saya malu disini adalah saya salah masuk kelas karena waktu itu saya dapet ruangan 3 gatau berapa sih lupa nah ternyata salahnya ruang 3 itu gak satu tapi ada ruang 3A dan 3B saya keliru gak teliti bacanya, saya masuk nyelonong aja ke kelas sambil melihat tatapan-tatapan peserta lain padahal itu udah ada pengawasnya, saya nyari terus tuh no peserta saya di meja tapi ga nemu-nemu lalu bapak pengawasnya nanya dan liat no peserta saya dan dia bilang saya salah masuk, gila itu malu banget nget nget L, udah weh saya cari kelas lagi dan akhirnya ketemu :’), dan saya mendapatkan bangku paling depan wkwkwkwk gak ngaruh sih dimana-mana juga, dah tuh saya ngerjain soal tepat jam 8 kalo gak salah, pertama itu ngerjain soal TPA ya lumayan lah sedikit gampang L yang puncaknya tuh  yang gak ada sedikit gampangnya L susah bingit  yang soal MIPA Fisika kimia matematika ntapzzz bangetlah pokoe, emang saya udah kebelenger yaudah saya isi semua tuh ngacoo, lantaran waktu itu soal STIS banyak yang saya kosongin saya gak lolos yaudah saya fikir susuganan dapet (semoga saya dapet) saya isi semua tuh soal SBMPTN gak semua sih hampir semua wkwkwkwkwkwkwkwk. Test berakhir tepat jam 10 kalo gak salah udah weh pulang lagi ke Sumedang. Skip weh di hari dimana pengumuman hasil test SBMPTN  diumumkan, deg-degan ? engga biasa aja wkwkwkwk udah firasat gak akan masuk dan benar saja saya membaca di hal web pengumuman saya gagal ada kata-kata “semangat” pengen mecahin tuh layar wkwkwkwk yauda deh saya bingung terus dan merenung.
                Setelah gagal di SNMPTN,STIS, dan SBMPTN saya tidak menyerah untuk bisa lolos ke perguruan tinggi negeri, ketika itu UTMI (Ujian Talenta Masuk IPB), masih dibuka saya ragu karena pendaftarannya yang mahal banggget menurut saya yaitu sebesar Rp 500.000 saya gak enak sama orang tua kok nyusahin banget gitu, tapi ternyata ketika saya udah bilang mereka mengijinkan yaudah saya daftar. Dan belajar semampu saya, pelajaran yang diteskan yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, bahasa inggris terus ada test psikotest juga. Untuk pelajaran Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris soalnya lebih mudah dibanding SBMPTN tapi semudah-mudahnya soal kalo kalian gak belajar bakalan susah, jadi yang mau test jalur UTMI kalian belajar yang keras ya sayang tuh Rp 500.000 kalo gagal. Nah saya ceritain nih , di test UTMI  ini kita bisa memilih tempat test ada yang di Cirebon, Tasikmalaya, Bogor dan lain-lain, nah saya memilih test di Tasikmalaya saya bodoh kayanya padahal Cirebon lebih deket dibanding Tasik L yaudah deh da udah. Nah ketika test UTMI ini pas lagi puasa , saya cek tempat lagi ke Tasik with my Father again hihihi my Father is The best, jauh sekaleh ternyata waktu yang ditempuh yaitu dua setengah jam, padahal jalan lancar. Emang dasarnya jauh :’), oh iya saya test di SMAN 1 Tasikmalaya, saya muter-muter tuh nyari jalan lantaran waktu itu ada Car free day L, tapi alhamdulillah ada Google map jadi semuanya lebih mudah. Ketemuu dehh SMAN 1 Tasikmalaya. Udah ketemu mah yaudah pulang lagi ke Sumedang wkwkwkwk cape banget kalo dipikir-pikir, :’). Hari dimana test UTMI pun datang pas udah sahur saya langsung caw ke tasikmalaya ketika itu jam setengah empat pagi , dan pake motor, dan ujan rintik-rintik L makin sedih kalo dipikir-pikir, hari masih gelap terus ditambah jalannya harus ke jalan lingkar yang belum diaspal lantaran jalan wado nya yang tertutup air akibat Waduk Jatigede, L saya dan papah pun menyusuru jalan yang gelap dan dingin apalagi ketika melewati malangbong L meskipun indah tetapi sangat dingin, lalu menyusuri gentong lalu ciawi yang perasaan jauh banget. Udah skip,akhirnya saya sampai di SMAN 1 Tasikmalaya, seperti biasa saya ke WC dulu agar plong mengerjakan soal, peserta yang mengikuti lumayan banyak ada 100 lebih peserta kira-kira. Test pun dimulai saya mengerjakan lumayan banyak karena soalnya yang sedikit mudah wkwkkw setidaknya ada yang bisa saya kerjakan dengan percaya diri. Untuk kalian yang ingin mengikuti UTMI saya kasih tips untuk soal mtk, fisika, kimia, dan Biologi lebih baik kalian belajar dari bekas contoh soal Ujian Nasional karena soalnya serupa dengan itu, lalu untuk bahasa inggrinya grammar seperti if clause dan sebagainya, bahasa inggrisnya sangat mudah menurut saya dan hanya 15 nomer. Nah ini nih yang bikin kesel test psikologi nya nih kita ngerjain banyak soal dan diberi waktu sedikit, sengklek lah tangan. Nah test psikologi ini kita diberi kertas jawaban kaya ujian gitu tapi bedanya itu bukan A, B, C, D, ataupun E tapi Sangat setuju, setuju, tidak setuju,sangat tidak setuju  lupa ih satu lagi apa ya netral deh kalo gak salah,  misalnya nih Saya menyukai Ular meskipun ular binatang yang menakutkan, jujur aja saya pilih sangat tidak setuju, jiji banget sama binatang yang satu ini paling benci juga iyeowhh, aneh-aneh deh pokonya pertanyaannya, yang jelas berkaitan dengan jiwa leadership dan perkebunan kaya gitu deh. Udah aja saya selesai mengerjakan soal dan akhirnya pulang, saya dan papah langsung pulang lagi ke Sumedang. Kasian sekali my father nungguin mulu saya test L. Jujur nunggu hasil test IPB yang ini bikin dag dig dug pertama sayang banget uang Rp 500.000 melayang, kedua udah gamau lagi mengecewakan orang tua, ketiga perjuangan test nya itu paling sulit, keempat mau lebaran dan mudik, saya harus punya jawaban ketika ditanya sanak sodara “kuliah dimana ?” L, sedihh ahhhh tapi udah ketebak kan gimana hasilnya ? GAGAL , ntap bangett kan, karena bentar lagi mau lebaran saya rehat sejenak dari ke stressan yang melanda. Tapi jujur itu lebaran dan mudik yang paling tak membahagiakan karena diselipi pikiran akan masa depan yang masih terluntang lantung L, dan benar saja ketika mudik ke kampung halaman papah saya di Pangandaran saya ditanya-tanya mulu oleh sanak sodara L saya jadi pengen menghindar dari orang-orang gara-gara gamau ditanya L tapi saya ngehindar kemana coba ya Allah L 
Skip lebaran udahan dan saya kembali bingung akan dibawa kemana nasib saya L saya lihat di Internet Polban dan UNY masih buka pendaftaran saya bilang lagi ke ortu malu lagiiii ,dan alhamdulillah diijinkan the best lah L
Nah UNY itu masih buka jalur prestasi , lewat raport dan sertifikat-sertifikat, karena baca-baca di Internet pake raport aja bisa saya coba deh L amit-amit ih padahal sertifikat aja gak punya, organisasi gak pernah ikutan ya Allah emang saya berprestasi apanya pede banget ikutan jalur prestasi L udah ah malu , gagal juga pada akhirnyamah L .
next kita lanjutkan perjuangan test masuk Polban Ya. Untuk pendaftaran Polban harus bayar 150.000 kalo gak salah, ketika itu saya milih tekhnik telekomunikasi :’) ni sebel yah anak tekhnik nanti teh, nah pas seminggu sebelum tes saya ngecek dulu lokasi bersama kakak saya nah sekarang mah sama kakak da kasian ah papah ku tercinta takut cape L cape hate masalahnyamah wkwkwkwkkw, yaudah caw weh sama si kakak tercinta ke Polban lupa daerah mana tuh yah, nah pas ngecek lokasi  kan pake motor sama si aa (sunda mah da aa bukan kakak wkwkwkkw)  dijalan sumedang menuju cadas pangeran mah lancar eh pas di tanjungsari tiba-tiba ban belakang bocor  takut bangget kalooo disitu gak ada tempat tambal ban , dan ternyata alhamdulillah gak jauh ada tempat tambal, nunggu dulu setengah jam lah kira-kira, setelah ditambal akhirnya kita bisa melanjutkan perjalanan. Dari sekian banyaknya Universitas yang saya ikuti Polban adalah tempat yang paling susah dicari karena masuk perumahan jadi nya gitulah susah, kota banget L, saya dan aa pun mencari-cari dan akhirnya ketemu, salahnya ni yah si aa mah malah ngambil jalan pulang teh ngasal inimah kan harusnya balik lagi kalo mau pulang teh , ari si aa mah malah lurus gera, dan Ahamdulillah nyasar sampe jam 2 dari jam 10-11. Ditambah hape mati gak bisa ngegoogle map, pokonyamah muka udah kuleuheu (kucel) sama polusi dari asap kendaraan L ditambah lapar, tapi boro-boro mau makan da takut gak bisa pulang wkwkkwkwk tapi ya dengan bertanya-tanya “ Pak arah Cileunyi kemana ?” dan sebagainya saya dan aa pun bisa kembali ke Sumedang dengan sehat sentosa bari jeung pas udah di Sumedang mah si aa minta saya buat nyetir motor udah gak kwad wkwkkwkwkwk ya Allah miris bingit.
                Hari test polban pun tiba tapi sekarang saya dianternya sama papah da takut nyasar  lagi kali ya wkwkkwkwk seperti biasanya saya subuh-subuh udah caw ke Bandung jam 4 kalo gak salah karena takut nyasar. Yang paling saya males buat ke Bandung adalah di jalan-jalan cadas pangeran dan jatinangor karena banyak sekali kendaraan besar yang selalu membuat saya dag dig dug jadi bukan hanya cinta yang membuat hati dag dig dug tapi ketika dibelakang treuk atau Bus juga membuat hati saya berdetak, dah ahhhhhhh lanjut
Ketika di Jatinangor,dekat masjid Jatinangor tepatnya alhamdulillah ban bocor lagi itu teh sekitar  jam setengah lima  pagi bayangkan hok. Akhirnya papah saya memutuskan menyuruh saya shalat subuh dulu lalu ia mencoba mencari bengkel, setelah saya shalat saya keluar mesjid saya menunggu papah saya shalat karena ternyata motor kami diparkir di parkiran masjid, papah saya bilang bengkel disini agak jauh, papah saya sempat bilang untuk naik ojek tapi saya gamau lantaran takut juga gimana kalau diculik, pokonya saya ingin selalu bersama papah eaeaeaeaeae kami menyusuri jalanan jatinangor kami pun menemukan bengkel yang masih tutup, ketika saya tanya orang disekitar situ bengkel disitu memang pagi bukanya akhirnya saya dan papah menunggu :’), saya gedor-gedor tuh si bengkel tapi gak buka buka syedihhh nunggu lagi deh, karena papah saya kebelet buang air kecil dia pun pergi ke WC SPBU, ketika saya menunggu di motor tiba-tiba ada anak kecil mengendarai sepeda, saya bingung juga subuh-subuh masih gelap kok ini anak udah keluyuran dia banyak nanya ke saya, “Lagi apa disini?” (pake sunda), “kenapa motornya?”, “bisa engga ngendarain motor?”, “dengan siapa kesininya ?”, pokonya ia bertanya berulang-ulang dan saya simpulkan bahwa dia anak berkebutuhan khusus, saya sabar saja dan sedikit takut T.T,  karena saya ditanya-tanya mulu saya bilang sama anak itu “saya mau nyusul papah dulu ya” saya pun pergi tapi ketika saya akan menyebrang papah saya sudah ada di sebrang jadinya balik lagi deh ke tempat tadi lantaran motor kami disimpan disana, anak kecil itu mulai bertanya-tanya pada papah  saya dan papah saya pun dengan sabarnya menjawab pertanyaan-pertanyaan anak kecil itu, saya ngetik di handphone “pah itumah anaknya beda”, papah saya pun mengangguk mengerti, tapi tiba-tiba si anak kecil itu bilang “disitu ada bengkel” , “dimana? Tadi saya kesana engga ada” “ayo ikutin” ya meskipun saya bingung harus percaya atau tidak, saya mengikuti anak kecil itu dan benar saja tidak jauh dari tempat saya malahan hanya beberapa langkah ada bengkel yang sudah buka ya Allah terharu, saya pun langsung memanggil papah saya untuk membawa motornya  ke bengkel tersebut, saya berfikir, ini anak malaikat yang dikirim Allah kali ya, entahlah tapi sangat aneh ada anak kecil keluyuran subuh-subuh :’), terimakasih sekali untuk ade, meskipun banyak tanya tapi sangat membantu :’), ketika itu ban ditambal hingga jam 6, kami pun langsung bergegas ke polban. Alhamdulillah saya gak terlambat saya langsung mencari gedung tempat saya test, nah ketemu tuh si gedung. Seperti biasa sebelum test saya pergi ke kamar kecil hihihihi, nah untuk ade-ade yang mau ikutan test tulis Polban, soal-soalnya terdiri dari matematika,fisika,kimia,biologi perasaan gak ada deh, terus bahasa inggris. Untuk mempelajari fisika, kimia, dan mtk soalnya mirip-mirip ujian nasional, kalo bahasa inggris itu , bahasa inggris untuk teknik deh kayanya tentang mesin-mesin kaya gitu pokonya saya gak ngerti wkwkwkwk. Dah beres saya lumayan mengerjakan banyak soal, tapi saingannya itu loh bejibun sekalehhhhh L, setelah test saya dan papah pun pulang kembali ke Sumedang :’)
                Hari demi hari terlewati  saya bagaikan pengangguran yang memang sudah tidak sekolah dan jadi mahasiswi pun belum karena saya belum diterima dimana-mana, hari pengumuman Polban pun datang, saya membuka laptop, jujur saya sudah muak membuka hasil yang menunjukan kegagalan :’),  tapi apalah daya memang hidup ini berjalan terus dan kita harus bertahan, saya pun gagal lagi, saya berfikir kenapa hidup ini gak adil kenapa begitu mudah bagi orang yang kurang berusaha untuk bisa mewujudkan keinginannnya ?, saya menangis karena sudah lelah dengan kegagalan , saya bingung harus bagaimana saya tidak mau swasta, kenapa orang yang dibawah saya bisa masuk ke negeri dengan mudahnya?, sirik? Tentu, tapi saya sadar ini semua juga salah saya yang tidak bisa memplanning masa depan dengan baik. Ketika itu saya hampir menyerah .........

“de Diploma IPB masih buka, kalo mau sok daftar”, papah pun memberikan semangat lagi, ia tidak pernah berhenti untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya, saya malu pah, mah saya gagal terus, saya terlalu banyak mengecewakan kalian, tapi entah dorongan apa saya mencoba daftar ke diploma IPB dan memilih jurusan yang bersebrangan dengan jurusan saya yang notabenenya adalah anak MIPA , di diploma IPB saya memilih program keahlian jurusan Akuntansi, entah kenapa saya memilih Akuntansi yang jelas saya muak dengan jurusan-jurusan IPA yang selalu menolak saya, tapi alasan lainnya sih memang prospek kedepan nya bagus. Nah dari situ saya berusaha dengan giat karena ini adalah test terakhir yang saya bisa lakukan karena PTN jalur reguler sudah pada ditutup. Saya memilih test di Cirebon tepatnya di SMA Negeri 2 Cirebon kalo gak salah wkwkwkwk, untuk kali ini saya dan papah tidak mengecek lokasi ke Cirebon kami berangkat mendadak di hari test hanya bermodalkan google map, kami berangkat jam setengah lima kalo gak salah, karena waktu test agak siang yaitu 8.30 am , seperti test UTMI , test Diploma IPB ini hujan pun turun kembali saya dan papah menggunakan jas hujan, SYEDIH L, apalagi hujannya lebat sekalehhhh, gelap pula karena arah ke Cirebon itu kalo dari Sumedang melewati hutan-hutan wkwkwkwk lebhayyy , saya agak deg-degan takutnya si ban bocor lagi seperti test Polban sebelumnya, tapi alhamdulillah engga, kami pun sampai di SMAN 2 Cirebon pukul 6.30 am , ternyata dari Sumedang ke Cirebon dekat sekaleh, saya mencari ruangan dan akhirnya ketemu kalo gak salah di ruang 5, keadaan masih kosong hanya ada beberapa perserta yang sudah datang, saya pun sedikit baca-baca dulu sebelum test, karena saya harus memberikan yang paling baik untuk test kali ini. Test pun ternyata dimulai lebih cepat yaitu jam 8 am, oh iya pelajaran yang diteskan untuk diploma IPB yaitu mtk, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, alamdulillah gak ada Fisika dan kawan-kawan. Saya bisa mengerjakan dengan mudah karena soal-soalnya  mirip Ujian Nasional, hanya di bahasa Indonesia yang agak membingungkan. Test pun berakhir saya dan papah pun pulang lagi ke Sumedang yang tadinya ingin berkuliner dulu tapi tidak jadi, entah kenapa ketika sudah test bawaannya pengen cepet pulang :’).
Nunggu hasil dari Diploma IPB ini agak lama saya udah deg-degan terus tiap harinya, kalau saya gak lolos kayanya saya bakal pasrah di Sumedang aja L, hari pengumuman pun datang, untuk kali ini saya gak kuat buat buka hasil nya, saya capeeeeeeeee buat ngebaca hasil yang mengecewakan, saya membuka hasil pengumuman di sore hari, ketika saya akan membuka saya pikir saya gak sanggup menerima kenyataan L , saya menyuruh ade saya untuk membuka pengumuman hasil test, dan ade saya bilang “teteh, teteh Lolos” , “jangan bohong” kata saya gak percaya, ‘bener ih teteh lolos” kata ade saya sambil muka senyum gak percaya, lalu saya pun melihat hasilnya, dan benar disitu saya lolos dan diminta untuk meregristrasi J, saya pun menangis bahagia, akhirnya ada yang menerima saya. Saya, ade, dan kakak saya pun saling berpelukan. Akhirnya perjuangan saya berbuah hasil, saya langsung memberitahu orang tua saya lewat sms karena mereka sedang ada di luar. Hari itu adalah bulan Agustus tanggal 22.
Mungkin Alllah ingin saya menjadi orang yang tegar, kuat dan pantang menyerah Ia mengabulkan doa saya ketika saya hampir menyerah, orang lain bisa dengan mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa perjuangan, tapi saya harus berjuang untuk bisa mendapatkan apa yang saya inginkan, saya percaya karena Allah terlalu sayang kepada saya, Ia ingin saya menjadi seorang pejuang yang tak kenal kata menyerah. Karena dari sini saya mengerti apa arti perjuangan J.
Untuk adik-adik kalo mau masuk PTN pikirkan matang-matang apa yang ingin kalian lakukan di masa depan, karena tanpa mimpi kita akan bingung apa yang akan kita perjuangkan nantinya, kalian jangan menyerah, kegagalan bukan berarti kita tidak bisa, orang yang berani gagal adalah orang hebat Percayalah dengan kekuatan mimpimu, jangan takut gagal. Kita bisa menjadi seseorang yang kita inginkan hanya saja semuanya ada pada diri kita masing-masing apakah ingin mewujudkannya atau menyerah ?. 


Komentar

Postingan Populer